It's RAINING DISCOUNT! Up to 50% OFF! Order Now

Artist of the Month: Hadi Aldiansa - Pesan Adalah Hal Paling Penting Dari Gambar

by Jovinus Chandra, 2015.02.27



Halo! Siapa artist of the montah di bulan Februari ini? Ya dia Hadi ‘Bijaw’ Aldiansa. Dia juga salah satu artist yang ikut berpartisipasi di artist treasure hunt bulan ini. Pasti penasaran kan. Yuk kita tanya-tanya tentang kehidupan kreatifnya.

 

 

 

 

 

 

Raka: Halo saya seneng banget bisa tanya-tanya tentang kamu nih. Bisa ceritain tentang diri kamu?

Bijaw: Nama gue Hadi Aldiansa biasa di panggil Bijaw, lahir pada tanggal 1 Agustus 1994 di jakarta. Kuliah S1 Jurusan Desain Komunikasi Visual. Gue seneng gambar dari kecil. Dan kenapa seneng gambar ? karna setiap gambar, bentuk, dan warna mempunyai arti, dan gambar adalah bahasa universal.

 

Raka: Setuju banget, gambar memang bahasa yang dimengerti semua orang! Kalau sekarang lagi sibuk apa nih?

Bijaw: Sekarang lagi sibuk kuliah, bikin desain untuk pesanan orang, lagi jalanin bisnis sama temen. Selain itu juga lagi mau coba buat art toys sendiri dan mau turun ke jalanan lagi buat corat coret tembok.

 

Raka: Wah seru banget yah. Pasti karya kamu sudah banyak banget nih, dari semua karya kamu apa yang paling kamu suka?

Bijaw: Gue suka yang ini, karya gue yang menceritakan tentang kehidupan seorang pelaut dengan tugboat nya. Ahoy Sailor adalah sebuah sign kepada sesama pelaut dan buat gue pelaut itu hebat, dia hidup berhari-hari bahkan berbulan-bulan di laut dan dia bisa mengahadapi ombak badai dan semua rintangan di laut dan membuat kapalnya tetap stabil. Ini seperti analogi sebuah kehidupan, sepeti apa masalah lu, lu harus dan pasti bisa menghadapinya.

 

 

 

Raka: Yap semua masalah kalau mau pasti bisa dihadapi. Ketika kamu buat gambar ini hal apa yang paling kamu suka?

Bijaw: Hal yang paling gue suka ketika berkarya itu adalah prosesnya. Proses membuat karya itu tidak mudah, harus sabar dan terkadang makan waktu yang cukup lama, tapi gue merasakan keasyikan ketika proses pengerjaannya.

 

Raka: Saya penasaran nih, kenapa kamu menggambar Hitler di karya ini?

 

 

Bijaw: Adolf Hitler, dia adalah satu satu tokoh politik yang gue suka, mungkin udah cinta bukan cuma suka doang.

 

Raka: Darimana sih kamu dapat inspirasi buat menggambar karya itu?

Bijaw: Banyak banget gosip yang udah menjadi sesuatu yang di anggap benar tentang dia, seperti dia adalah diktaktor yang kejam, banyak penyiksaan di bawah kepemimpinan dia, dll. Tapi itu semua tidak benar, saya sudah banyak membaca dan banyak juga bukti bahwa dia tidak seperti yang di gosipkan, dan di karya saya yg ini menampilkan Hitler yang sedang tersenyum lebar. Ibaratnya Hitler bilang “Kamu di bodohin sama negara adidaya, di suruh meyakinin apa yang tidak benar haha kasihan”. Itu yang menginspirasi gue membuat karya ini.

 

Raka: Kalau menurut kamu hal apa sih yang paling penting dari sebuah karya?

Bijaw: Pesan! Karya itu harus punya pesan, percuma kalo lu ngomong panjang lebar tapi tidak ada isinya.

 

Raka: Ya karya tanpa pesan itu kosong. Ibarat rumah tanpa penhuninya. Kalau art style favorit kamu apa?

Bijaw: Typography dan Illustrasi, mungkin bila di kombinasikan akan seperti komposisi pada sebuah poster. Typography seni mendekorasi sebuah tulisan/kalimat, dan yang gue suka dari typography kita bisa buat kalimat yang bisa di bilang “tidak penting” menjadi sesuatu yang menarik perhatian dan orang pasti akan baca. Illustrasi, sebuah pesan yang di ubah menjadi sebuah gambar, dan kita bisa mengkritik sebuah fenomena dengan sebuah gambar dan itu lah yang membuat saya menyukai illsutrasi.

 

Raka: Kayaknya kalau typhography dan ilustrasi digabungkan seru juga tuh. Siapa sih artist yang menginspirasi kamu?

Bijaw: Salvador Dali. Artist dengan aliran surealism. Buat gue dia keren, bisa menggambarkan secara nyata apa yang dia imajinasikan.Tidak banyak orang yang bisa menuangkan sebuah imajinasi ke sebuah media.

 

Raka: Salvador Dali dan kumisnya yang super unik memang keren banget. Oh iya pertanyaan terakhir nih, apa kamu punya tips buat orang yang sedang belajar menggambar?

Bijaw: Buat yang baru mulai, lu cobain aja semua art style yg lu mau dan pada akhirnya nanti lu pasti nemuin art style yang lu suka. Setelah itu terus belajar dan jangan pernah menyerah. Satu hal yang perlu diingat, tidak semua karya hasilnya akan sama dengan yang kita bayangkan. Juga harus sering-sering berimprovisasi, dan harus ada pesan dalam sebuah karya. Itu saran saya.

 

Raka: Wah terima kasih yah, pasti sarannya berguna banget buat artist-artist baru yang sedang belajar. Terima kasih juga yah sudah mau ditanya-tanya jadinya kita bisa belajar dari pengalaman kamu.

Bijaw: Ya sama-sama.

 

Twitter: @bijawagakjelek

Instagram: @bijaw

Pokaku: Hadi_Bijaw

 

Bagikan